6 Syarat Ini Harus Dipenuhi untuk Gadai Mobil yang Masih Kredit

6 Syarat Ini Harus Dipenuhi untuk gadai mobil perorangan yang Masih Kredit! Siapapun tidak akan bisa menebak akan datangnya kebutuhan tak terduga. Misalnya saja ketika mengalami masalah kesehatan atau musibah. Hal-hal tersebut tidak pernah direncanakan atau diinginkan sebelumnya. Namun kehadirannya tentu akan membuat siapapun kebingungan terutama soal kebutuhan keuangan. Kejadian mendadak tersebut bisa menjadi kesulitan besar saat tidak memiliki dana simpanan yang bisa digunakan.
gadai mobil yang masih kredit

Jika benar tidak memiliki simpanan, pilihan yang diambil saat dalam permasalahan tersebut adalah dengan meminjam uang. Banyak cara meminjam uang, namun yang paling cepat adalah dengan menggadaikan barang-barang yang dimiliki. Dari sekian banyak barang, mobil adalah satu benda berharga yang bisa digadaikan untuk mendapat pinjaman dana dalam jumlah besar. Selain kemungkinan mendapat pinjaman dalam jumlah besar, menggadaikan mobil bisa menjadi cara yang cepat karena prosesnya yang tidak terlalu rumit.

Umumnya, gadai bpkb mobil dilakukan untuk mobil yang sudah sepenuhnya dimiliki. Dalam arti, mobil yang digadaikan bukan mobil cicilan atau mobil kredit. Namun ternyata, mobil yang masih dalam proses kredit juga bisa digadaikan. Memang prosesnya tidak akan sama dengan mobil yang sudah sepenuhnya milik sendiri. Selain itu lembaga gadai juga akan menerapkan aturan yang lebih ketat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan gadai mobil yang masih kredit. Berikut penjelasannya:

Sisa Kredit Sedikit

Syarat yang pertama ini bisa dikatakan sebagai syarat mutlak. Itu artinya jika mobil yang digadaikan masih memiliki tanggungan cicilan yang banyak, pihak gadai tidak akan menyetujui pengajuan Anda. Untuk itu, selalu simpan bukti pembayaran cicilan mobil untuk mengetahui berapa sisa cicilan yang belum dibayar. Jika kurang dari 30%, kemungkinan besar pihak pegadaian akan mengabulkan permohonan Anda.

Anda juga harus tahu bahwa sebagian dana pinjaman yang Anda terima nantinya akan dijadikan untuk pelunasan sisa cicilan mobil tersebut. Hal ini dilakukan agar BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) bisa dikeluarkan dan kemudian menjadi jaminan di pegadaian. Ketahui hal ini, agar proses gadai berjalan lancar dan Anda mendapatkan dana pinjaman sesuai rencana.

Untuk Melakukan Gadai Mobil Yang Masih Kredit Pastikan Tidak Ada Catatan Buruk

gadai mobil yang masih kredit
Pertimbangan yang juga sangat diperhatikan pihak pegadaian saat ada pengajuan gadai mobil yang masih dalam kredit adalah riwayat cicilan. Pengajuan gadai Anda akan sulit diterima jika pihak pegadaian menemukan riwayat cicilan Anda yang sering telat membayar. Jika sebelumnya Anda mengalami kredit macet, pihak pegadaian pasti tidak akan menerima pengajuan gadai Anda. Maka dari itu, bayarlah cicilan mobil Anda selalu tepat waktu agar jika Anda menggadaikannya, prosesnya tidak akan sulit.

Pajak Masih Aktif

Mobil yang sudah mati pajaknya sebenarnya bisa digadaikan. Namun dana pinjaman yang Anda terima akan dipotong untuk menghidupkan kembali pajak mobil tersebut. Tentu Anda akan dirugikan jika hal tersebut terjadi. Maka untuk menghindarinya, pastikan mobil yang digadaikan masih aktif pajaknya. Karena memang sudah menjadi kewajiban Anda untuk melunasi pajak kendaraan setiap tahunnya, meski mobil tersebut masih dalam proses cicilan.

Lembaga Sebelumnya Resmi OJK

Persyaratan ini juga penting dan menjadi pertimbangan bagi pihak pegadaian. Jika tempat Anda mencicil mobil adalah lembaga yang sudah terdaftar pada pembiayaan resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), maka sangat besar kemungkinan pengajuan gadai mobil Anda diterima. Karena jika lembaga tersebut sudah resmi, akan mudah ketika menerbitkan BPKB. Jika bukan lembaga resmi, mungkin proses pengajuan gadai akan lebih rumit dan lebih membutuhkan banyak persyaratan. Anda tentu tidak bisa mengandalkan proses gadai yang demikian.

Persyaratan Lengkap

Dalam proses gadai mobil, persyaratan dokumen kelengkapan tentu menjadi satu hal yang harus dipersiapkan. Anda akan menemukan bahwa setiap lembaga gadai memiliki ketentuan yang berbeda tentang kelengkapan dokumen. Meski sebagian besar persyaratan yang diajukan pasti sama. Persyaratan tersebut akan meliputi persyaratan kendaraan dan persyaratan diri sebagai peminjam. Untuk mobil yang masih dalam proses kredit, tentu juga ada persyaratan tambahan. Anda harus memastikan kelengkapannya jika ingin pihak pegadaian cepat mengabulkan.

Keadaan Asli Tanpa Rekayasa

Setelah mengajukan dokumen kelengkapan sebagai persyaratan pengajuan gadai mobil, Anda akan melewati proses survey. Pihak pegadaian akan meninjau dan memeriksa mobil bahkan hingga pekerjaan Anda untuk memastikan apakah Anda pantas menerima pinjaman dana atau tidak. Dalam proses ini, Anda harus menunjukkan keadaan asli mobil ataupun kendaraan Anda sesuai dengan dokumen yang sudah Anda ajukan. Jika pihak pegadaian setuju, Anda akan langsung diberikan kontrak untuk ditandatangai.

Mengajukan gadai mobil yang masih dalam proses kredit bisa menjadi solusi masalah keuangan Anda. Setelah mengetahui persyaratannya, tentu akan semakin mudah bagi Anda dalam melangkah. Kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman juga semakin besar. Hal terpenting yang perlu Anda ingat adalah pinjaman yang Anda ajukan bukan untuk bersenang-senang melainkan untuk kebutuhan penting.