Kelebihan dan Cara Mengajukan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

gadai sertifikat rumah

Kelebihan dan Cara Mengajukan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian! Dalam setiap perjalanan hidup, manusia pasti akan menemui sesuatu kejadian yang tak terduga. Biasanya kejadian tak terduga tersebut bermuara pada kebutuhan yang juga mendesak. Misalnya saja kerusakan kendaraan, gangguan kesehatan, terkena musibah atau kecelakaan. Semua kejadian itu mengharuskan untuk mengeluarkan lebih banyak uang. Di saat seperti itu, tabungan bisa menjadi penolong untuk segera keluar dari kesulitan.

Masalah akan semakin panjang dan mungkin bertambah jika tidak ada tabungan yang bisa dipakai. Maka jalan lain yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan pinjaman. Sudah banyak jalan untuk bisa meminta pinjaman, mulai dari orang terdekat hingga lembaga keuangan. Dengan menjaminkan aset yang dimiliki, pinjaman bisa segera diterima. Apalagi jika nilai aset yang dijaminkan lumayan besar, maka pinjaman yang bisa diterima juga akan berjumlah besar.

Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan yang menerima gadai dengan jaminan aset-aset bernilai, mulai dari perhiasan emas, kendaraan bermotor, hingga rumah. Dari ketiga aset yang disebutkan sebelumnya, rumah merupakan aset bernilai besar yang juga akan mampu menurunkan nominal dana pinjaman berjumlah besar. Pihak pegadaian bisa memberikan dana segar mulai 70% hingga 80% dari nilai tanah yang dijaminkan.

Inilah kelebihan gadai sertifikat rumah di pegadaian.

gadai sertifikat

Proses Cepat

Keinginan untuk melakukan gadai sertifikat adalah tentu karena kondisi yang mendesak. Karena bersifat mendesak, peminjam pasti ingin sesegera mungkin dan secepatnya mendapatkan dana yang dibutuhkan. Hal ini sangat bisa diandalkan ketika mengajukan gadai dengan jaminan sertifikat rumah di pegadaian. Proses pencairannya terhitung cepat, hanya 1-5 hari kerja. Jika lebih lama, hal itu disebabkan jumlah dana yang lebih besar.

Syarat Mudah

Saat berada di kesulitan, tentu kita ingin melakukan usaha yang lebih mudah. Menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian termasuk solusi yang mudah. kemudahannya dibuktikan dengan persyaratan yang tidak terlalu rumit. Selain itu, dokumen pelengkap yang dibutuhkan juga tidak akan sebanyak yang diminta jika mengajukan pinjaman di bank. Inilah sebabnya mengapa pegadaian lebih diminati dari bank dalam hal mengajukan pinjaman.

Gadai Sertifikat Rumah Memiliki Jangka Waktu Lama

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat gadai sertifikat rumah di pegadaian yaitu jangka waktu pelunasan yang relatif lama. Karena lamanya waktu pelunasan, Anda bisa lebih leluasa mengatur keuangan. Selain itu, mencicil dalam jangka waktu panjang memungkinkan peminjam mengembangkan usaha yang dimiliki. Bahkan ada kesempatan untuk memperpanjang waktu cicilan jika memang tidak mampu melunasi dalam kurun waktu tertentu. Tapi Anda perlu ingat bahwa semakin lama jangka waktunya, tentu semakin besar pula bunga yang harus dibayar.

Bunga Lebih Ringan

Keuntungan yang paling menarik adalah dalam hal besar bunga yang harus dibayar lebih murah dibandingkan dengan gadai bpkb mobil. Semakin kecil nilai bunga, semakin menarik pula sebuah program pinjaman. Pegadaian menjadi tempat favorit untuk mengajukan pinjaman karena telah terkenal dengan bunganya yang relatif lebih ringan dibanding bank. Bunga yang lebih ringan ini membuat pinjaman di pegadaian bisa dijangkau semua orang dari semua kalangan.

Setelah mengetahui semua kelebihan gadai sertifikat rumah di pegadaian, pasti Anda langsung ingin tahu juga bagaimana prosedur pengajuannya. Namun sebelumnya, Anda perlu menyiapkan dulu beberapa persyaratannya, meliputi kartu identitas, kartu keluarga dan juga lembar sertifikat rumah. Ada juga beberapa dokumen pendukung lainnya untuk melengkapi persyaratan utama. Seperti slip gaji yang membuktikan bahwa Anda memiliki penghasilan untuk mampu membayar cicilan selalu tepat waktu.

Setelah siap dengan semua dokumen yang diminta, Anda tinggal menuju kantor pegadaian terdekat. Jika sebelumnya Anda sudah mencari tahu tentan lembaga yang Anda tuju, itu akan jauh lebih bagus. Anda akan dilayani oleh petugas begitu menyodorkan dokumen. Selain fotokopi, sediakan juga dokumen asli yang sewaktu-waktu akan dilihat oleh pihak pemberi pinjaman.

Sesampainya di kantor pegadaian, Anda akan dilayani oleh petugas. Anda akan diberikan formulir dan diberikan waktu untuk mengisinya. Formulir permohonan tersebut harus dilengkapi dengan data akurat, benar dan sesuai keadaan yang sesungguhnya. Jangan terlewat untuk memastikan kebenaran dan kelengkapan data dalam formulir. Kesalahan memasukkan data bisa menimbulkan masalah dan kesulitan di kemudian hari.

Langkah terakhir adalah menunggu dana pinjaman cair. Proses pencairan dana untuk gadai sertifikat rumah di Pegadaian tidak secepat gadai emas atau gadai BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) yang bisa cair hari itu juga. Anda perlu menunggu setidaknya 1-3 hari kerja. Anda bisa menentukan pilihan apakah dana pinjaman ingin ditransfer ke rekeningmu atau diambil dalam bentuk tunai.

Itulah kelebihan gadai sertifikat beserta cara mengajukannya. Kelebihannya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika suatu ketika sedang membutuhkan dana pinjaman. Pengetahuan tentang cara mengajukan juga bisa menjadi bekal Anda saat harus menggadaikan sertifikat rumah sehingga proses pengajuan bisa lebih cepat dan minim kesalahan.