Butuh Uang dengan Jaminan Barang, Simak Syarat dan Ketentuan Gadai Mobil Masih Kredit

Butuh Uang dengan Jaminan Barang, Simak Syarat dan Ketentuan Gadai Mobil Masih Kredit! Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hidup yang tidak disertai dengan peningkatan pendapatan, membuat sebagian orang harus memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berhutang. Apalagi jika dihadapkan dengan kebutuhan mendesak yang harus segera dibayar, misalnya saja biaya perawatan rumah sakit atau biaya pendidikan. Sedangkan Anda tidak mempunyai dana cadangan untuk mengatasi hal tersebut.

Gadai Mobil Sebagai Salah Satu Cara Dapatkan Dana Tunai

syarat dan ketentuan gadai mobil
Salah satu cara mendapatkan uang tunai secara cepat adalah dengan menggadaikan barang berharga yang dimiliki. Namun apa jadinya jika barang berharga tersebut berupa mobil yang masih belum lunas. Kebutuhan akan dana tunai dengan cepat ditambah lagi dengan adanya tanggungan berupa angsuran mobil yang harus Anda bayarkan setiap bulannya tentu akan membuat Anda pusing.

Jika harus mengajukan pinjaman lain, tentu hal ini akan semakin memberatkan Anda jika harus mempunyai dua tanggungan angsuran yang harus dibayar. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara gadai mobil Anda yang masih kredit.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan dana pinjaman yang Anda butuhkan tanpa harus bingung mencari sumber dana yang lain lagi. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah hal tersebut bisa direalisasikan?. Dan ternyata, hal ini bisa dilaksanakan dengan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Total Hutang Cicilan Tidak Terlalu Besar

Pihak lembaga keuangan biasanya menerima gadai mobil yang masih kredit dengan syarat total hutang yang masih tertanggung jumlahnya tidak terlalu besar. Mengenai standar nominal sisa hutang maksimal, pada setiap leasing akan memiliki kebijakan masing-masing. Contoh, Angsuran kredit mobil Anda tersisa 8 bulan dengan jumlah angsuran 3.500.000 setiap bulannya. Pada sebagian lembaga ada yang akan menyetujui pinjaman Anda dan ada juga yang tidak.

Akan lebih baik jika Anda mengajukan pinjaman dana kepada pihak leasing yang sama dengan leasing mobil Anda. Biasanya akan ada kebijakan khusus dan prosesnya juga lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan Anda mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang berbeda. Hal ini dikarenakan mereka bisa melihat langsung data pribadi dan riwayat pembayaran Anda dari database yang mereka miliki.

Akan berbeda jika Anda mengajukan pinjaman dana tunai dengan cara gadai mobil pada leasing yang berbeda. Mereka akan meminta beberapa persyaratan tambahan dan proses yang lebih panjang jika dibandingkan dengan pihak leasing tempat Anda kredit mobil tersebut.

Tidak Ada Riwayat Kredit Macet, Agar Proses Gadai Mobil Diterima

Selain sisa hutang seperti yang sudah diuraikan diatas, pihak lembaga keuangan akan meminta atau mengecek riwayat pembayaran angsuran mobil Anda. Jika riwayat pembayaran tersebut bersih atau tidak pernah ada keterlambatan pembayaran, maka peluang pengajuan pinjaman Anda untuk disetujui akan semakin besar.

Berbeda jika terdapat keterlambatan pembayaran pada riwayat tersebut. Maka proses pinjaman dengan gadai mobil yang masih kredit akan masih panjang. Akan ada pengecekan tambahan dari pihak lembaga keuangan. Misalnya saja, berapa kali keterlambatan tersebut terjadi, berapa hari keterlambatan dari jatuh tempo yang sudah ditentukan, kenapa sampai terlambat membayar angsuran dan lain-lain.

Kredit Melalui Leasing Resmi

Salah satu nilai tambah yang bisa membantu disetujuinya pengajuan pinjaman Anda adalah jika mobil yang kredit tersebut melalui perusahaan pembiayaan atau leasing resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika kredit mobil Anda melalui koperasi atau lembaga perbankan, biasanya hal ini akan lebih sulit dan membutuhkan proses yang lebih panjang.

Proses Survey

Untuk proses pengajuan pinjaman dengan gadai mobil yang masih kredit sebagai jaminan akan membutuhkan beberapa dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat kelengkapannya. Setelah semua dokumen lengkap akan dilanjutkan dengan proses survey dari pihak lembaga keuangan terkait. Petugas survey ini akan mengecek keaslian data dan keterangan yang sudah Anda berikan saat mengisi data pengajuan pinjaman.

Jika semua dokumen sudah lengkap dan Anda dinyatakan lolos untuk menerima pinjaman dana, maka langkah selanjutnya adalah Anda akan diberikan penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan isi kontrak perjanjian hutang piutang. Misalnya berapa nominal gadai mobil yang akan Anda terima, kapan jatuh tempo dan jumlah angsuran yang harus dibayar dan hal-hal lain yang terkait di dalamnya.

Jika semua sudah disepakati, maka Anda akan disodori form kontrak perjanjian hutang piutang untuk ditandatangani. Setelah proses ini sudah selesai, Anda akan bisa mendapatkan uang pinjaman yang Anda ajukan.

Saat butuh uang dengan jaminan barang, simak syarat dan ketentuan gadai mobil masih kredit yang bisa Anda pilih sebagai alternatif tercepat memperoleh pinjaman dana tunai. Dengan mengetahui hal tersebut Anda akan bisa mempertimbangkan apakah akan melanjutkan proses pinjaman dengan cara ini atau memilih cara yang lainnya.

2 Comments